Manfaat Teh Hijau

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Rabu, 11 April 2012

Manfaat Teh Hijau - Teh Hijau adalah jenis teh alami yang mendapatkan proses oksidasi secara sempurna. Jenis teh hijau tergolong dalam rumpun camellia sinensis, dan teh hijau ini berasal china. Disini ane akan sedikit memberikan beberapa contoh manfaat teh hijau bagi kesehatan maupun untuk kecantikan. semoga informasi tentang manfaat teh hijau ini bermanfaat.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

1.Melembutkan rambut

Teh hijau juga bermanfaat untuk melembutkaan sekaligus menguatkan rambut. Kandungan vitamin E didalamnya memperbaiki rambut rusak melembabkan rambut kering.

Cara:
Buat seduhan teh hijau sebanyak 2 cangkir menggunakan air mendidih, biarkan beberapa lama sampai dingin. Setelah itu basuhkan secara merata dan biarkan mengering kemudian sisir sepeti biasa, tidak perrlu di bilas. Lakukan pagi hari sebelum berakftivitas, setiap 2 hari sekali.

2.Mengatasi rambut rontok

Kandungaan epigallocatechin gallate (EGCG)pada teh hijau dipercaya bisa mengatasi rambut rontok. Sebab berdasarkan penelitian, ECGC bisa terserap kedalam pori-pori rambut dan menyehatkan folikel rambut. Folikel rambut sendiri merupakan bagian dari kulit tempat tumbuh rambut. Jika folikel sehat, maka rambut rambut yang ditopangpun akan kuat.

Cara:
Buat seduhan teh hijau (bisa dari serbuk atau kantung) sebanyak satu cangkir, gunakan air mendidih agar seduhan cukup kuat. Biarkan sampai hangat, celupkan kapas kemudian oleskan ke kulit kepala yang sudah di bersihkan sambil ditekan-tekan agar teh bisa meresap. Lakukan pada seluruh bagian rambut, biarkan sampai mengering. Lakukan 2 hari sekali.

3.Melembabkan Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang, karena kulit berminyak menyulitkan untuk dirias. Namun, kulit berminyak ini bisa dirawat menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung asam tannic yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Kafein didalamnya juga bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Cara:
Ambil tepung beras sebanyak 4 sendok makan, tuangi dengan seduhan teh hijau yang sudah dingin. Aduk hingga berbentuk pasta dan bisa di oleskan, jika terlalu kental bisa di tambah tehnya. Oleskan keseluruh permukaan wajah, biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Untuk perawatan sehari-hari, basuhakan air teh hijau dingin yang sudah dimasukan lemari pendingin ke wajah. Lakukan setiap hari setelah bangun tidur.

4.Mendinginkan kulit terbakar.

Betapa tidak nyaman jika kulit kita terbakar. Kulit terasa panas, kering dan kasar. Efek kulit terbakar ini tetap terasa meski sudah berjam-jam berlalu sejak berada di bawah paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya gunakan teh hijau, karena teh hijau akan mendinginkan kulit dan menetralisir radikal bebas yang menerpa kulit.

Cara:
Buat seduhan teh hijau dalam mangkuk, biarkan dingin. Kemudian rendamkan kain halus kedalamnya, tempelkan pada bagian yang terbakar selama 15 menit atau rasa terbakar hilang. Ulangi beberapa kali hingga efek rasa terbakar benar-benar hilang.

5.Melegakan kaki dan mata lelah

Sekian lama berdiri atau berjalan membuat kaki lelah. Demikian juga terhadap mata yang seharian menatap komputer, tidak sekedar lelah tapi mata juga terasa panas. Gunakan teh hijau untuk mengatasinya, karena kandungan polifenol di dalam teh hijau akan melembabkan sekaligus menyegarkan kaki dan mata lelah.

Cara:
Masukan 2 kantung teh hijau kedalam gelas, kemudian tuang kedalam baskom, tambahkan sedikit air hangat, aduk merata. Rendamkan kaki yang lelah selama 15 menit, angkat dan bersihkan.Sementara untuk mata lelah, tempelkan kantung teh yang sudah diseduh. Atau bisa juga tempelkan kapas yang sudah direndamkan pada air seduhan teh hijau. Biarkan selama 15 menit dan basuh dengan air dingin, lakukan setiap hari menjelang tidur.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

1. Teh hijau dapat membantu perlindungan terhadap kanker. Menurut U.S. National Cancer Institute, kandungan katekin dalam polifenol yang terdapat pada teh hijau memiliki peranan penting dalam pencegahan kanker.

Penelitian selanjutnya menyimpulkan bahwa oksidan tak aktif polifenol, mengurangi jumlah dan ukuran tumor, serta menghalangi pertumbuhan sel kanker. Penelitian serupa secara khusus juga telah dilakukan terhadap kanker kandung kemih, payudara, ovarium, esofagus (bagian dari alat pencernaan berupa saluran yang membawa makanan dari kerongkongan ke perut), paru-paru, pankreas, prostat, kulit dan perut.

2. Teh hijau dapat membantu mencegah aterosklerosis. Antioksidan dalam teh hijau juga dipercaya untuk mencegah penumpukkan lemak di dalam pembuluh darah dengan menekan proses oksidasi LDL (kolesterol jahat). Antioksidan ini juga mengurangi kemungkinan penggumpalan darah dan membantu arteri (pembuluh darah) menjadi rileks sehinga dapat melancarkan aliran darah.

3. Teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik. Penelitian menyatakan bahwa teh hijau menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada hewan dan manusia. Polifenol dalam teh hijau membantu menghadang proses penyerapan usus dan melancarkan pengeluarannya dari dalam tubuh.

4. Teh hijau dapat membantu mengendalikan diabetes. Teh hijau telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu pengaturan glukosa dalam tubuh.

5. Teh hijau dapat membantu melawan penyakit pada hati. Teh hijau sepertinya melindungi hati dari efek buruk senyawa beracun seperti alkohol.

6. Penurunan berat badan. Ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Beberapa peneliti menduga polifenol, khususnya katekin yang bertanggung jawab dalam proses pembakaran lemak.

7. Rileksasi. Minum secangkir teh hijau hangat dapat membantu menghasilkan perasaan rileks dan meningkatkan daya ingat karena kandungan asam amino L-teanin di dalamnya.

8. Teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Penelitian yang dilakukan The Brigham and Women’s Hospital menyebutkan bahwa kandungan teanin dalam teh hijau meningkatkan kapasitas sel Gamma Delta T untuk melawan penyakit dan membantu tubuh melawan infeksi.

9. Teh hijau membantu memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan karena kandungan bioflavonoid.

10. Teh hijau merupakan anti bakterial dan membantu mencegah lubang di gigi.

Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari (mengandung 240 hingga 320 mg polifenol) sangat dianjurkan. Inilah cara terbaik mendapatkan antioksidan teh hijau dari bentuk alaminya.


Cara Meminum Teh Hijau

Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Khasiat Teh Hijau

Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitian ilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia. Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin.

Kandungan vitamin C dalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomat dan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudah didapat pada makanan lain.

Teh mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin. Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akan mendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkan terbentuknya kekebalan alami.

Dari hasil penelitian di Uni Soviet teh hijau maupun teh hitam, berfungsi sebagai salah satu unsur yang dapat membantu agar tak mudah terserang penyakit. Pakar peneliti dari Chinnese Academy of Preventife Medicine di Cina, setelah mempelajari 17 jenis teh dapat membuktikan bahwa teh dapat memperlambat terbentuknya nitrosamin di dalam tubuh.

Selain itu beberapa unsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat pada beberapa bagian dari tubuh manusia.

Senyawa Teh Hijau

Senyawa dalam teh dan fungsinya :

1. KATEKIN

Menurunkan kadar kolesterol
Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah
Anti kanker, factor anti mutant
Membantu kerja ginjal mencegah terjadinya batu empedu

2. POLIFENOL/TANIN

Memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri
Memiliki fungsi anti oksidan
Melarutkan lemak

3. KAFEIN (Theophyiline Theobromine)

Menstimulasi pusat syaraf
Memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal
Meningkatkan konsentrasi

4. MINYAK ESENSI

Memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak
Sumber aroma teh

5. FLAVANOLS

Menguatkan pembuluh darah, memiliki fungsi antioksidan

6. FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium)

Mencegah kerusakan gigi

7. VITAMIN C

Mencegah dan melawan influenza
Mengurangi stress
Menurunkan tekanan darah tinggi
Memiliki fungsi anti oksidan
Melindungi kornea mata dan sinar UV (mencegah katarak)

8. VITAMIN E

Mencegah penuaan dini
Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
Mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah

9. VITAMIN B Kompleks

Membantu metabolism karbohidart

10. MONOCITRATE

Mencegah bau mulut (nafas tidak segar)

11. CHLOROPIL

Mengharumkan mulut

Cara Menyeduh Teh Hijau

Ambil satu sendok makan teh hijau (+ 10 gram) masukkan dalam satu liter air mendidih, tutup rapat dan biarkan 5-10 menit baru siap untuk diminum. Takaran untuk satu gelas cukup satu sendok teh (2 gram).

Membuat BIANG TEH untuk keluarga : Ambil dan masukkan 4 sendok makan teh hijau ke dalam teko, diseduh dengan dua liter air mendidih. Setiap akan menghidangkan minuman, campurannya adalah : ½ gelas biang teh + ½ gelas air putih panas. Agar terasa nikmatnya minum teh, minumlah selagi hangat.

Dianjurkan minum teh hijau setiap hari secara teratur 3 sampai 5 cangkir sesuai dengan takarannya sehingga khasiat dari teh hijau terasa manfaatnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar