Inilah Kumpulan Kecelakaan Karena Pilot Tertidur

Diposting oleh Cerita Dewasa on Senin, 30 April 2012




gambar pilot tidur (ilustrasi)

Pilot tertidur saat terbangrupanya sudah sering terjadi bahkan beberapa diantaranya menyebabkan hilangnya nyawa penumpang. Yang bikin miris lagi kabarnya hampir separuh dari pilot di Inggris pernah tertidur saat terbang (detik.com).

Nah berikut adalah kumpulan kecelakaan yang dirangkum Barubaca.com dari berbagai sumber :

1. Januari 2011, Pesawat Air Canada.
Pesawat menungkik tajam ke Samudra Atlantik karena co-pilot tertidur, yang kemungkinan sang pilot istirahat tidur. Sang copiot terbangun dan gugup mencoba mengendalikan pesawat. Beruntung pesawat hanya menungkik dan bisa dikendalikan. Korban meninggal tidak ada, luka 16 orang.

2. Mei 2010, Air India Express.
158 orang tewas saat pesawat yang dipiloti Zlatko Glusica terjatuh saat penerbangan dari Dubai ke Mangalore. Hasil investigasi pihak terkait pilot Glusica terlambat bereaksi karena tertidur dan tidak mengikuti beberapa standar prosedur operasi saat pendaratan.

3. Oktober 2009, Northwest Airlines.
Kedua pilot mengatakan lupa mendaratkan pesawat dengan 144 penumpang sampai pesawat lewat saja di atas bandara yang seharusnya di darati. Namun penyidik menduga kedua pilot tertidur. Tidak ada korban jiwa karena pesawat dapat mendarat ke bandara meski sedikit terlewati.

4. Januari 2008 lalu, Go! Airlines.
Kedua pilot tertidur selama 18 menit saat menerbangkan pesawat dari Honolulu menuju Hilo, Hawaii. Pesawat tersebut melewati bandara yang dituju, sebelum akhirnya kantor pusat pengendali membangunkan pilot.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar