Tentang Benua Antartika

Diposting oleh Cerita Dewasa on Senin, 30 April 2012

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun, dengan suhu yang mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Benua ini juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembaban rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi. Sebenarnya masih banyak fakta dari benua Antartika yang mungkin belum kita ketahui, menarik untuk ditelusuri. Apa saja fakta tersebut, berikut fakta menariknya yang dirangkum pada bagian ke dua.

1. Siapa Pemilik Antartika


Antartika memiliki keistimewaan, yaitu satu satunya di bumi yang tidak diperintah oleh bangsa manapun. Benua ini merupakan zona bebas yang tidak memiliki negara dan pemerintah. Walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah di benua Antartika tersebut.




Siapa Pemilik Antartika
2. Meteorit

Salah satu yang paling menarik tentang benua ini adalah tempat terbaik di dunia untuk menemukan meteorit. Ternyata, jumlah meteorit yang menabrak lapisan es Antartika, tersimpan baik daripada meteroit yang jatuh di belahan bumi lainnya. Pecahan meteroit dari Mars adalah salah satu penemuan paling berharga dan tak terduga. Rupanya meteorit ini mencapai bumi dengan kecepatan mencapai sekitar 18.000 km/jam.




Meteorit 
3. Tidak Memiliki Zona Waktu

Antartika adalah benua tanpa zona waktu. Para ilmuwan yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.



Tidak Memiliki Zona Waktu
4. Hewan

Antartika merupakan benua yang jarang memiliki hewan darat. Salah satu bentuk terbesar dapat hidup di sini adalah serangga. Diantaranya, Belgica Antartika yang memiliki panjang 1,3 cm. serangga ini juga memiliki sayap yang kecil. Tidak ada serangga yang mampu terbang, karena kondisi sangat berangin. Namun, springtails hitam yang melompat seperti kutu dapat ditemukan di antara koloni penguin. Selain itu, informasi menarik lainnya adalah Antartika adalah satu satunya benua yang tidak memiliki spesies semut.



5. Global Warming

Es utama pada daratan Antartika di Kutub Selatan, sekitar 90% es dunia (dan 70% air segar). Antartika tertutup es rata rata 2.133 meter (7000 kaki) tebal nya. Jika semua es Antartika mencair, permukaan air laut di seluruh dunia akan mengalami kenaikan sekitar 61 meter (200 kaki). Anda tahu, jika suhu rata rata di Antartika saat ini ialah -37 celsius, sehingga akan membahayakan bumi kita dengan adanya pencairan es kutub. Bahkan sebagian besar daratan di benua tersebut, ada yang berada di atas titik beku karena suhu global yang meningkat drastis.



- Tambahan

Bongkahan Es Raksasa The Iceberg -B-15
Iceberg B-15 adalah salah satu gunung es terbesar di dunia. Ukurannya sekitar panjang 295 km dan lebar 37 km (183-23 mil), dengan luas permukaan 11.000 km persegi (4250 mil persegi), ukurannya lebih besar dari pulau Jamaika. Massa bongkahan es tersebut diperkirakan sekitar tiga miliar ton. Setelah hampir satu dekade, bagian daro B-15 masih belum mencair. (**)



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar