Alat Kontrasepsi Wanita yang Sesuai Umur

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Jumat, 27 April 2012

Setiap pasangan berhak memilih alat kontrasepsi sesuai kebutuhannya masing-masing, karena semua alat kontrasepsi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mencegah dan menunda kehamilan. Namun dari sekian banyak pilihan kontrasepsi, ada alat kontrasepsi yang dianggap terbaik di setiap rentang usia.



"Pada dasarnya semua kontrasepsi bisa dipakai semua orang tergantung kebutuhannya," ujar Prof Dr dr Biran Affandi, SpOG (K), perwakilan dari Asia Pacific Council of Contraception (APCOC), dalam acara Press Conference 'Pentingnya mempercepat penyebaran informasi tentang kontrasepsi dalam rangka menekan angka kelahiran di Indonesia' di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (24/2/2012).

Usia wanita mengalami kehamilan dan kelahiran terbaik, yaitu yang berisiko paling rendah untuk ibu dan anak adalah antara 20-35 tahun. Untuk itu, bagi wanita yang menikah sebelum usia 20 tahun, sebaiknya menunda kehamilan hingga usianya mencukupi dan benar-benar siap secara psikologi menjadi seorang ibu.


Untuk menunda kehamilan (sebelum usia 20 tahun), menurut Prof Biran ada beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, yaitu:
  1. Pil KB
  2. IUD (Uterine Device yaitu spiral)
  3. Konvensional (dengan menghitung masa subur atau sistem kalender)
  4. Suntik KB
  5. Implan


"Untuk menunda kehamilan sebelum usia 20 tahun, yang terbaik adalah pil KB karena ketika dihentikan akan lebih mudah untuk bisa hamil," lanjut Prof Biran.

Sedangkan rentang usia 20-35 tahun, alat kontrasepsi berfungsi untuk memberi jarak antar dua kehamilan. Jarak terbaik antara dua kelahiran sebaiknya 2-4 tahun, sebelum 2 tahun risiko komplikasi pada ibu akan tinggi dan lebih dari 5 tahun juga akan tinggi.

Pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan di rentang usia 20-35 tahun antara lain:
  1. IUD
  2. Suntik KB
  3. Pil KB
  4. Implan
  5. Konvensional

"Kontrasepsi setelah kehamilan sebaiknya adalah IUD (spiral), karena tidak akan menekan produksi ASI (air susu ibu) bagi ibu yang masih menyusi," jelas Prof Biran.

Dan di atas usia 35 tahun, seorang wanita tidak dianjurkan untuk hamil lagi, karena secara biologis tubuhnya sudah tidak mendukung untuk mengalami kehamilan, sehingga risiko komplikasi pun akan semakin besar.

Pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan di rentang di atas usia 35 tahun antara lain:
  1. Steril (tubektomi untuk wanita atau vasektomi untuk pria)
  2. IUD
  3. Pil KB
  4. Implan
  5. Suntik KB
  6. Konvensional

"Di atas usia 35 tahun jangan hamil lagi, jadi kontrasepsi terbaik adalah steril," tutup Prof Biran.







sumber:http://health.detik.com/read/2012/02/24/142752/1850829/763/ini-dia-alat-kontrasepsi-wanita-yang-sesuai-umur

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar