Kisah-kasih Wanita Transgender Ikut Miss Universe

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Selasa, 22 Mei 2012

Miss Universe yang biasa dikenal sebagai ajang ratu kecantikan tentunya diikuti oleh kontestan wanita-wanita cantik. Namun, apa jadinya jika lomba ini diikuti oleh seorang wanita transgender alias wanita yang dulunya terlahir laki-laki? Di ajang Miss Universe Kanada, ada salah satu kontestan transgender bernama Jenna Talackova.


Meskipun transgender, wanita berusia 23 tahun ini berhasil masuk 12 besar dari 61 kandidat. Artinya, kecantikan dan kecerdasan Talackova patut diperhitungkan. Namun, di babak selanjutnya, ia mesti tersingkir dengan kandidat lain. Dan, pemenang Miss Kanada 2012 adalah Sahar Biniaz yang akan mewakili Kanada dalam ajang ratu kecantikan sejagat Miss Universe pada Desember mendatang.

Keikutsertaan Jenna Talackova di Miss Universe Kanada sempat menuai kontroversi. Awalnya, ia tidak diizinkan oleh ketua panitia penyelenggara, Donald Trump. Ini lantaran Jenna terlahir sebagai seorang pria. Panitia baru bisa mengizinkan jika ada pengakuan secara resmi dari negara bahwa dirinya sudah menjadi wanita.

Kemudian, Jenna dan pengacaranya Gloria Allred berusaha memperjuangkan keikutsertaannya dengan menggelar konferensi pers di Los Angeles. Mereka mendeklarasikan secara hukum bahwa Jenna telah resmi menjadi perempuan. Setelah itulah Jenna baru diizinkan untuk mengikuti Miss Universe Kanada 2012.

Menanggapi kekalahan Jenna, Alfred menyatakan bahwa klienya itu tetap menjadi pemenang. “Bagiku, dia (Jenna) tetap menjadi pemenang. Dalam artian, ia berhasil mendapat pengakuan atas hak asasinya sebagai wanita,” katanya seperti dilansir Associate Press.


Jenna yang berasal dari Vancouver itu terlahir sebagai lak-laki, tetapi ia mengidentifikasikan dirinya sebagai wanita sejak usia empat tahun. Ia sudah melakukan terapi hormon sejak umur 14 tahun dan menjalankan operasi kelamin di usia 19 tahun. Ia juga pernah masuk 10 besar kontes kecantikan transgender Miss International Queen 2010 di Thailand dan kini, masuk 65 besar Miss Universe Kanada 2012.(rei)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar