Perubahan pada Payudaramu: Kenali Setiap Tahapnya

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Jumat, 25 Mei 2012

Payudara wanita adalah simbol kewanitaannya. Makanya cewek nyadar banget soal ukuran dan bentuk payudaranya. Memelihara payudara dan memeriksakannya ke dokter secara rutin adalah bagian dari menjaga kesehatan kita sebagai cewek.

Di awal masa remajamu, payudaramu yang sedang tumbuh mungkin bikin kamu kurang nyaman. Ketika kamu beranjak dewasa, adanya perubahan pada payudaramu itu normal kok. Kenali perubahan-perubahan ini, dan nggak perlu merasa nggak nyaman, karena kamu bisa melakukan sesuatu untuk membuat dirimu merasa lebih enak.
Berbelanja Bra Pertamamu
Wajar-wajar aja kalau kamu merasa nggak nyaman ketika payudaramu mulai tumbuh. Kalau kamu banyak loncat-loncat atau berlari, payudara bisa terasa agak sakit dan lebih sensitif. Cewek bisa mulai memakai bra waktu payudaranya mulai tumbuh. Nah, kamu bisa minta bantuan mama atau kakakmu buat membantumu mencari bra pertama yang pas buatmu.
  • Ngepas sama kamu! Minta bantuan pramuniaganya buat mendapatkan ukuran yang benar. Ukuran bra biasanya berbentuk suatu angka yang diikuti oleh sebuah huruf. Hurufnya adalah ukuran cup-mu atau ukuran payudara, sementara angkanya menunjukkan lebar punggungmu. Cobalah bra terlebih dulu dan pilih yang terasa pas dan nyaman buatmu. Yang harus diingat, kamu kan masih terus tumbuh.


  • Terasa enak. Pilihlah bra yang terbuat dari bahan yang ramah sama kulitmu. Kalau terasa agak gatal, jangan deh dibeli walaupun rasanya ngepas banget buatmu. Kalau kamu berkeringat, bahan yang bikin kamu gatal ini bisa bikin kulitmu iritasi.


  • Hindari yang terlalu banyak kawat. Kawat bisa bikin kamu nggak nyaman dan beberapa bra punya kawat yang menekan kulit banget. Yang paling penting, kamu merasa nyaman memakai bramu. Kalau kamu suka olahraga, pilih yang tanpa kawat. Kawat bisa memberimu tahanan ekstra. Dengan ukuran cup yang lebih kecil, bra berkawat bisa lebih nyaman.


  • Pilih tali bra yang baik. Tali bra yang lebih lebar akan memberikan tahanan yang lebih baik. Semuanya tergantung kamu. Tali yang tipis dengan pernik lucu seperti pita atau renda bisa jadi menarik juga. Kalau kamu suka olahraga, cari yang bertali agak lebar dan ngepas di tubuhmu. Bra yang baik adalah yang terasa nyaman buatmu.

Kencangkan: Bikin Payudaramu Kelihatan Oke!
Siapa yang mau payudara besar? Payudaramu sudah dibuat sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jadi, peliharalah payudaramu dan jaga supaya tetap kencang. Kencangkan payudaramu dengan melakukan beberapa latihan yang sangat mudah:
  • Push upLakukan push up dari lengan hingga lutut. Mulailah dengan melakukan 8 sampai 12 push up sehari. Kamu bisa mengulangnya 2 hingga 3 kali. Selipkan istirahat selama 15 detik di antara repetisi.
  • Angkat bebanKeluarkan deh dumbbell yang udah berbulan-bulan ngumpet di bawah tempat tidurmu. Mulailah dengan yang 1 atau 1,5 kg kalau kamu baru pertama kali melakukannya. Jangan terlalu memaksakan diri menggunakan yang lebih berat. Kamu bisa menambah beratnya kalau sudah terbiasa melakukannya.
Berbaringlah terlentang dengan memegang dumbbell. Angkat lenganmu dari bahu ke atas dan angkat bebannya. Mata lurus menatap ke langit-langit. Kembali ke posisi semula dan lakukanlah sebanyak 12 kali. Ulangi set ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Kalau kamu nggak punya dumbbell, kamu bisa kok memakai botol air plastik ukuran 500 ml yang sudah diisi penuh. Kamu juga bisa menyibukkan diri membereskan kardus-kardus besar dan berat yang ada di lemarimu. Coba kreatif deh!

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)
Ketika kamu berada di usia 20-an, kamu mungkin mulai menyadari ada yang tumbuh atau ada benjolan di payudaramu. Nggak semua benjolan di payudara berarti kanker payudara, lho, tapi yang penting kita tahu bahwa payudara kita nggak kenapa-napa, dan ini bisa dilakukan dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Lakukan SADARI sekitar seminggu setelah kamu datang bulan. Kamu bisa melakukannya sambil berbaring atau di kamar mandi. Santai aja dan usahakan agar kamu merasa nyaman ketika melakukan pemeriksaan ini. Kamu bisa melakukannya sering-sering, terutama kalau kamu punya anggota keluarga yang pernah terkena kanker payudara.
  • Dengan ujung tiga jari tengahmu dan dengan sedikit tekanan, rasakan satu payudara dengan gerakan-gerakan memutar kecil, mulai dari puting kea rah luar. Sekali-sekali tekan lebih keras dan rasakan adanya benjolan atau rasa sakit. Kamu juga bisa melakukannya dengan gerakan-gerakan naik turun. Pastikan kamu melewati semua bagian payudara.
  • Dengan tiga jari tengahmu, rasakan juga daerah-daerah di dekat tulang selangka dan tulang dada. Ulangi pemeriksaan ini pada payudara satu lagi. Coba juga rasakan ketiakmu dan catat adanya benjolan atau tonjolan di sana.
  • Dengan jempol dan jari tengahmu, cubit putingmu dan lihat apakah ada perubahan warna kulit atau ada cairan yang keluar.
Dengan belajar memeriksa payudaramu, kamu mulai bertanggungjawab atas tubuhmu. Jangan lupa, senang rasanya bila kita bertanggungjawab atas kesehatan kita sendiri. Kalau kamu lihat ada perubahan di payudaramu, nggak perlu panik. Secepatnya bikin janji dengan doktermu untuk pemeriksaan.

Hal-hal yang Sering Ditanyakan tentang Payudara
Kenapa payudara jadi lebih sensitif mendekati datang bulan?
Walaupun rasanya bisa nggak nyaman banget, ini nggak perlu bikin kamu khawatir. Kamu mungkin merasa payudaramu sedikit kencang sebelum kamu datang bulan. Di saat-saat ini bahkan sentuhan sedikit aja pada payudaramu bisa bikin kamu melompat kesakitan. Rasa sakit ini disebabkan oleh membengkaknya jaringan payudara karena tingginya kadar estrogen di dalam tubuhmu. Cukup beri kompres hangat payudaramu. Kamu bisa letakkan handuk hangat di atas payudaramu dan biarkan di sana sampai rasa sakitnya berkurang. Kurangi minum air pada saat-saat ini karena tubuhmu menahan air ketika kadar estrogen sedang tinggi. Air yang berlebihan ini bisa membuat payudaramu terasa lebih kencang. Kamu bisa minum obat pengurang sakit kalau kamu nggak tahan. Gerak-gerakkan tanganmu dan lakukan push up agar darah mengalir dengan lancar di daerah tersebut.

Bisa ngga saya memperbesar payudara?
Coba deh berkaca, kamu bakal lihat bahwa payudaramu nggak sama persis bentuknya. Payudara yang satu mungkin sedikit lebih besar dari yang satunya. Putingmu juga mungkin sedikit beda. Ini normal aja. Catat aja perbedaan yang ada dan periksa payudaramu secara teratur. Lihat-lihat kalau ada perubahan.

Nggak ada deh yang namanya payudara sempurna, baik dari segi bentuk, maupun ukuran. Ukuran payudaramu bisa berubah karena turunnya berat badan atau naiknya berat badan. Ketika hamil, payudaramu mulai menghasilkan ASI dan bakal bertambah besar. Olahraga juga bisa memperbaiki tampilan payudaramu dengan cara memperbesar otot-otot di bawah payudaramu. Sebagian cewek memilih untuk melakukan operasi untuk membuat payudara mereka kelihatan lebih besar. Dengan bertambahnya usiamu, kamu mungkin berpikir bahwa payudara yang lebih besar akan membuatmu merasa atau bahkan tampil lebih oke. Ini bisa aja benar, tapi berpenampilan baik sih sebenarnya adalah belajar menerima tubuhmu dan membuat orang lain menerimamu sebagaimana kamu apa adanya… payudaramu maupun yang lainnya!

Apakah memakai bra membuat kita kena kanker payudara?
Belum ada bukti yang mendukung, nih. Kanker payudara disebabkan oleh kombinasi tertentu dari gen dan juga faktor-faktor lain seperti kelebihan berat badan dan kebiasaan merokok. Cewek yang memiliki ibu, kakak atau bibi yang pernah terkena kanker payudara harus sejak awal rutin ke dokter untuk pemeriksaan payudara. Jadi, oke-oke aja kok buat memakai bra. Bra membantu menahan payudaramu dan dengan itu membantumu mendapatkan postur yang lebih baik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar