10 Sinetron yang Sudah Promo Tapi Batal Tayang

Diposting oleh Cerita Dewasa on Jumat, 25 Mei 2012

Banyak sinetron yang nasibnya tidak beruntung. Promonya sudah gencar muncul di TV, si artis sibuk promo di jejaring sosial, penggemar sudah menantikan, eh, batal tayang.

10 Sinetron yang Sudah Promo Tapi Batal Tayang
ADA suatu fenomena unik di industri sinetron Indonesia. Sinetron yang promo alias trailer-nya sudah muncul di stasiun TV, bisa saja tidak jadi tayang.

Kejar tayang menjadi sistem yang kini dianut oleh industri serial TV (baca: sinetron) Indonesia yang kini didominasi sinetron harian. Rating menjadi panutan. Jika rating mendadak drop, jangan kaget jika sinetron yang Anda ikuti mendadak tamat.

Tak ada yang bisa memastikan nasib suatu sinetron. Termasuk sinetron baru yang akan segera tayang. Sinetron yang promonya sudah muncul di TV, belum tentu nantinya tayang.

Ada beberapa sinetron yang “beruntung”. Seperti sinetron komedi-religi Dikejar Surga (2011). Promonya gencar tayang di RCTI sekitar Juli tahun lalu, menjelang Ramadhan. Namun ketika stasiun TV swasta tertua itu menggelar konferensi pers seputar acara Ramadhan, tidak ada sinetron yang dibintangi Nina Zatulini dan Reuben Elishama itu.

“RCTI punya rencana lain, yang jelas sinetron Dikejar Surga bukan buat Ramadan,” terang Rudy Ramawy yang saat itu masih menjabat sebagai Direktur Program dan Produksi RCTI. Beberapa minggu kemudian, sinetron produksi Lunar Films itu malah tayang di MNCTV.

Hal yang kurang lebih sama terjadi pada Ranum (2011). Promonya terlanjur gencar tayang di Indosiar. Namun karena perubahan manajemen di Indosiar, yang ternyata memiliki perbedaan visi dan misi dengan MD Entertainment selaku rumah produksi, sinetron Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu itu akhirnya tayang di MNCTV.

Ada juga Mimo Ketemu Poscha (2012). Kasusnya sedikit berbeda. Ketika syuting tahun 2010 silam, promonya memang belum tayang. Tapi sudah ramai dibicarakan di dunia maya. Karena dibintangi Agnes Monica. Dua tahun berlalu, tiba-tiba sinetron produksi SinemArt ini tayang di RCTI! Bahkan penulis skenarionya sudah berganti rumah produksi saat sinetron ini tayang.

Sebaliknya, banyak sinetron yang nasibnya tidak beruntung. Promonya sudah gencar muncul di TV, si artis sibuk promo di jejaring sosial, penggemar sudah menantikan, eh, batal tayang.

Berikut 10 sinetron yang promonya sudah muncul tapi tidak pernah tayang di TV.

SANTRIWATI SIMELEKETEKesuksesan Islam KTP dan Pesantren & Rock n Roll di SCTV, agaknya membuat RCTI tergoda menayangkan sinetron komedi religi. Sekitar April 2011, beredar promo sinetron Santriwati Simelekete yang dibintangi Rachel Amanda dan Putri Titian. Berbulan-bulan promo dengan label “segera”, promo Santriwati Simelekete sempat menghilang. Tak lama muncul promo yang masih menampilkan Amanda dan Tian, dengan judul Putri Simelekete. Namun setelah di-revisi, sinetron ini tetap tidak tayang. Tian malah bergabung di Putri Yang Ditukar, sedang Amanda pindah ke MD untuk sinetron Si Miskin dan Si Kaya. Santriwati Simelekete seharusnya juga menjadi debut sinetron Aliff Ali, adik kandung Miller yang pernah membintangi film layar lebar Heart 2 Heart. Maret 2012, cowok asal Malaysia ini dideportasi karena izin tinggalnya habis.

KAMILA PENUH HIDAYAHSinetron Kemilau Cinta Kamila (KCK) bisa dibilang salah satu sinetron sukses tahun 2010. Dibagi menjadi 4 musim. Tapi jeda antar season pendek. Jarak antara season 1 dan 2 hanya sekitar 2 minggu. Season 2 ke season 3 malah tak pakai break. Paling lama adalah rehat antara season 3 dan 4 yang mencapai 2 bulan. Entah karena break terlalu lama atau jam tayangnya yang berubah lebih awal, KCK musik 4 yang diberi sub-judul Cinta Tiada Akhir ratingnya tak seprima pendahulunya. Baru 11 episode, KCK 4 break dan dijanjikan berlanjut ke musim 5. Promo musim ke-5 hadir dengan sangat Islami. Judulnya sempat 3 kali berubah; Kemilau Cinta Kamila, Penuh Hidayah, Kamila Penuh Hidayah, dan Hidayah. Meski demikian perjalanan Kamila Regina Putri tak dilanjutkan.

AURAAura Kasih dikenal sebagai salah satu pemeran pendamping dalam sinetron Dewa (2011). Namun jauh sebelum itu, pelantun “Mari Bercinta” sebenarnya pernah mendapat kesempatan bermain sinetron sebagai pemeran utama. Pada Oktober 2009 promo sinetron berjudul Aura mulai muncul di RCTI. Di sinetron itu Aura dipasangkan dengan Fachri Albar. Tapi, promo yang belum diberi lagu tema itu mendadak raib. Padahal, Aura bukan sembarang sinetron. Sutradaranya adalah John De Rantau, yang dikenal sebagai sutradara film layar lebar Denias, Senandung di Atas Awan, Obama Anak Menteng, dan Semesta Mendukung.

MEMORI CINTAKarakter yang dibawakan Rianti Cartwright – Shandy Syarief – Dinda Kanyadewi terlibat cinta segitiga dalam sinetron ini. Promonya mulai menyapa pemirsa Indosiar di pertengahan 2011, hampir bersamaan dengan promo Ranum. Sama halnya dengan Ranum, perubahan manajemen di Indosiar membuat sinetron yang ketika promo belum ada judul ini batal tayang ini. Bedanya, Ranum langsung pindah ke MNCTV. Sementara “Memori Cinta” tidak terdengar lagi kabarnya.

MUKJIZAT RAMADHANWalaupun sudah tak berpacaran, SinemArt masih memasangkan Marshanda dan Baim Wong dalam sinetron Sejuta Cinta Marshanda. Sambutan masyarakat cukup baik. Maka sinetron yang tamat pada Agustus 2010 ini sempat akan dibuatkan sekuel, Sejuta Cinta Marshanda: Mukjizat Ramadhan. Selain Marshanda, Baim, Ashraf Sinclair, dan Ben Kasyafani, dalam promo Mukjizat Ramadhan muncul karakter baru yang dimainkan Rezky Aditya. Tapi sampai Lebaran tiba, sinetron ini tak pernah dilanjutkan. Pasca Lebaran 2010, sinetron Rezky berjudul Putri Yang Ditukar pun tayang.

PURA-PURA KAWINKembali ke tahun 2006, saat sinetron mingguan masih berjaya. Saat itu, sedang tren sinetron adaptasi serial Asia, terutama Korea dan Taiwan. Ketika promo Pura-Pura Kawin mulai tayang di SCTV, netizen pun heboh. Banyak yang menduga-duga sinetron yang dibintangi Indra L. Bruggman ini menyadur serial Korea fenomenal Full House. Sulit untuk membuktikan benar atau tidaknya sinetron ini merupakan adaptasi Full House, karena Pura-Pura Kawin tak pernah tayang.
SELAMAT JALAN NATASYASukses sinetron Kristiani Buku Harian Nayla yang tayang Desember 2006, membuat RCTI-SinemArt berniat membuat sinetron serupa menyambut momen Paskah 2007. Pada trimester awal 2007, muncul promo sinetron Selamat Jalan Natasya. Masih dibintangi Chelsea Olivia-Glenn Alinskie, plus Marcel (atau Mischa?) Chandrawinata. Entah mengapa tiba-tiba promo sinetron berurai airmata ini lenyap. Sebagai gantinya, menyambut Paskah 2007 RCTI menayangkan sinetron JanjiMu Seperti Fajar yang dibintangi Roger Danuarta dan Leony Vitria H.

NONAPromo sinetron ini mulai menghiasi RCTI pada awal 2007. Dibintangi oleh Alyssa Soebandono, Rionaldo Stokhorst, dan Aditya Herpavi. Ketika promonya tayang, netizen sini sudah membanding-bandingkannya dengan drama Korea Pure 19, yang juga kerap dianggap menjadi inspirasi Cinta Fitri.Jika benar menyadur, apakah karena sumbernya serial yang sama lalu batal tayang? Rasanya alasan ini kurang kuat. Serial Devil Besides You dan Cruel Temptation pernah disadur 2 sinetron berbeda yang tayang bersamaan. Jangan lupakan Stairway To Heaven. Ada 6 sinetron yang alurnya mirip serial yang dibintangi Choi Ji Woo itu, tapi hanya 1 yang menyertakan izin adaptasi.

DUSTA DAN CINTAPertengahan 2010, RCTI gencar memutar promo sinetron “Dusta dan Cinta”. Sinetron yang promonya memakai lagu ST12 berjudul “Cinta Tak Harus Memiliki” ini dibintangi Nabila Syakieb, Fachri Albar, Miller, dan Eva Anindita. Di promo, terlihat adegan Miller melamar Nabila di atas bianglala, serta Nabila yang menjadi suster merawat pasien yang diperankan Fachri. Promonya mendadak hilang. September 2010, Nabila, Fachri, dan Eva bergabung di sinetron “Mertua dan Menantu” bersama Carissa Puteri dan Giovanni L. Tobing. Lagu “Cinta Tak Harus Memiliki” akhirnya dipakai sinetron “Dia Jantung Hatiku” yang tayang akhir 2010.

KASIH DAN CINTA (VERSI BARU)Tahun 2011, RCTI mendominasi primetime dengan sinetron stripping macam Putri Yang Ditukar, Anugerah dan Ketika Cinta Bertasbih: Meraih Ridho Ilahi. Tapi ada juga beberapa sinetron yang kurang memuaskan RCTI, salah satunya “Kasih dan Cinta”. Baru 3 minggu tayang, sinetron yang dibintangi Julie Estelle dan Ashraf Sinclair ini break! Di episode terakhir, karakter Kasih (Julie) yang lemah lembut dikisahkan dalam kondisi kritis dan hendak dibawa ke ruang operasi. Dijanjikan akan ada kelanjutan kisah ini. Beberapa bulan kemudian muncul promo yang memperlihatkan sosok Julie sebagai cewek tomboy, yang bertolak belakang dengan sifat Kasih. Penonton pun dibuat penasaran. Terlebih di sela-sela Putri Yang Ditukar, muncul klip promo karakter Surti (Ana C. Pinem) bersama pemain-pemain Kasih dan Cinta. Promo heboh, toh akhirnya pemirsa tak pernah mengetahui nasib Kasih.

Masih ada beberapa sinetron sudah promo tapi batal tayang. Apa sinetron yang Anda nanti-nantikan tapi tidak pernah tayang?

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar