Inilah Data-data Terbaru yang Mengejutkan Seputar Rokok

Diposting oleh Cerita Dewasa on Jumat, 11 Mei 2012



img
 Hampir semua orang tahu bahwa rokok itu tidak sehat, tak terkecuali perokok sendiri. Sayangnya, masih saja banyak orang di seluruh dunia yang kecanduan menghisap batang tembakau itu. Data-data seputar rokok dari seluruh dunia pun tampak mengejutkan.

Umumnya tidak ada satu pun organ di dalam tubuh yang tidak terpengaruh oleh asap rokok, karenanya hampir semua bagian tubuh bisa rusak oleh rokok. Hal ini karena di dalam satu batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (toksik) atau karsinogenik (bisa menyebabkan kanker).

Tapi meski fakta itu telah banyak digembar-gemborkan, masih saja banyak perokok yang tidak terpengaruh. Seperti dilansir about.com, Rabu (9/5/2012), tampak bahwa data-data statistik seputar rokok sangat mengejutkan.

1. Ada 1,1 miliar perokok di dunia saat ini dan jika tren ini terus berlanjut, jumlah tersebut akan meningkat menjadi 1,6 miliar pada tahun 2025.

2. China adalah rumah bagi 300 juta perokok yang mengonsumsi sekitar 1,7 triliun rokok setiap tahun atau 3 juta rokok satu menit.

3. Di seluruh dunia, sekitar 10 juta rokok dibeli setiap menit, 15 miliar yang dijual setiap hari, dan lebih dari 5 triliun diproduksi dan digunakan secara tahunan.

4. Diperkirakan ada triliunan filter yang diisi dengan bahan kimia beracun dari asap tembakau, membuat lingkungan tercemar limbah.

5. Meskipun filter mungkin terlihat seperti kapas putih, tapi filter rokok terbuat dari serat yang sangat tipis dari plastik yang disebut selulosa asetat. Filter rokok bisa memakan waktu antara 18 bulan hingga 10 tahun untuk dapat terurai.

6. Sebuah rokok diproduksi khas berisi sekitar 8 atau 9 miligram nikotin, sedangkan kandungan nikotin dari cerutu adalah 100 hingga 200 miligram, dengan beberapa setinggi 400 miligram.

7. Ada cukup nikotin dalam 4 atau 5 batang rokok yang dapat membunuh seorang dewasa rata-rata jika seluruhnya tertelan.

8. Jumlah anak-anak yang merokok pada tingkat yang mengkhawatirkan. Ada sekitar 3.000 anak merokok setiap hari di AS dan 80.000 sampai 100.000 per hari di seluruh dunia.

9. Di seluruh dunia, 1 dari 5 remaja usia 13 sampai 15 tahun batang sudah merokok.

10. Setiap delapan detik, satu kehidupan manusia hilang dengan penggunaan tembakau di suatu tempat di dunia, yang artinya ada sekitar 5 juta kematian setiap tahunnya karena rokok.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar