Cara Menjaga Reputasi Bisnis Online

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Rabu, 02 Mei 2012

Tips Trik Banyak bisnis ukuran kecil menengah yang berkembang dan memanfaatkan internet untuk mendukung bisnisnya. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan :

1. Riset dan Perencanaan

Sebelum terjun ke dunia online, perlu riset mendalam dan perencanaan yang jelas. Misalnya, apa yang menjadi objektif dari bisnis Anda, siapa saja yang akan dilibatkan, kanal bisnis online mana yang cocok untuk karakter bisnis, seberapa realistis Anda menginvestasikan uang untuk online ini, dan bagaimana Anda menyiapkan segala hal untuk keluhan dan percakapan negatif di ranah online.

2. Memonitor dan Mendengarkan

Seperti halnya riset dan perencanaan, mendengarkan percakapan online menjadi hal sangat fundamental sebagai bagian dari upaya menjaga reputasi bisnis online.

Ada dua alasan yang mendasarinya. Pertama, sebelum Anda memulai komunikasi, Anda seharusnya men getahui apa yang orang lain katakan tentang bisnis Anda, termasuk kompetitor dan bisnis kecil serupa lainnya. Latar belakang informasi ini akan membantu Anda untuk menentukan apa saja yang dapat Anda bagikan terkait dengan minat dan nilai.

Kedua, memonitor percakapan juga penting karena ini akan membantu menyelesaikan komplain dan persoalan lain. Hal ini juga terkait dengan seberapa cepat Anda menanggapi komentar negatif. Media sosial menjadi media untuk memonitor seberapa intens merek Anda menjadi bahan percakapan.

3. Bergabung dalam Percakapan

Media sosial menyuguhkan aneka percakapan. Sebab itu, bergabung dengan percakapan tersebut menjadi signifikan untuk menjaga reputasi. Dalam membangun percakapan dengan komunitas online ini, ada tiga hal yang patut diperhatikan. Pertama, persiapkan apa saja topik yang ingin jadikan bahan percakapan (mirip ada perencanaan dalam editorial surat kabar). Kedua, menjaga komitmen. Senantiasa muncul dan menjaga kontinuitas dalam percakapan. Jangan hanya muncul sekali-sekali lalu hilang lagi. Apalagi kalau banyak orang bertanya seputar merek maupun produk. Ketiga, bersikap transparan. Tunjukkan secara transparan apa yang Anda kerjakan secarfa online. Apalagi di media sosial, pelanggan sudah sangat cerdas dan well-informed.

4. Elegan sikapi percakapan negatif

Bersikap tenang bila perbicangan tentang merek maupun produk Anda cenderung negatif. Mintalah klarifikasi atas persoalan dan kemudian memberikan klarifikasi dengan sikap egaliter dan jauh dari pembelaan diri. Mendengarkan menjadi kata kunci di sini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar