Tahukah Kamu Bahwa Sejak 2000 Tahun Silam, Badminton Sudah Dimainkan

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Rabu, 16 Mei 2012

Olahraga Badminton atau Bulutangkis adalah olahraga yang populer di dunia selain sepakbola. Setiap tahun, ada sekitar 2 event kejuaraan Badminton bertaraf Internasional. Di Inggris, badminton sudah mulai populer pada abad pertengahan. Di masa lalu, orang Inggris menyebut olahraga yang satu ini dengan istilah battledore dan shuttlecock. Saat menjajah India, Inggris juga membawa badminton ke wilayah tersebut.



Di Yunani, seperti dituliskan situs officialbadminton.com, badminton sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu. Namun, olahraga tersebut baru dinamai badminton pada abad ke-19, yakni mulai tahun 1870. Nama ini dinobatkan oleh Duke of Beaufort setelah membangun sarana olahraga bernama Badminton Haouse di Gloucestershire1. Setelah nama tersebut dinobatkan, kemudian didirikan persatuan badminton dunia, The International Badminton Federation yang berbasis di Gloucestershire.

Di saat yang hampir bersamaan, badminton juga mulai dikenal luas masyarakat Inggris. Dari negara inilah upaya untuk menstandarkan badminton dicetuskan. The Badminton Association of England menjadi motor penggerak dirumuskannya standar permainan badminton. Pada tahun 1893, organisasi ini secara resmi mempublikasikan untuk pertama kalinya aturan-aturan yang harus dijalankan dalam permainan badminton.

Setelah membuat standar aturan permainan, Inggris kemudian menggelar kejuaraan badminton bernama All England. Kejuaraan ini mulai digelar tahun 1899, sebagai turnamen badminton internasional pertama di dunia. Kejuaraan ini menjadikan olahraga badminton semakin besar dan diminati banyak orang.

Untuk mengorganisasi olahraga tersebut dengan baik, Inggris kemudian memprakarsai berdirinya organisasi dunia badminton. International Badminton Federation (IBF) didirikan tahun 1934. Organisasi ini menjadi wadah bagi negara-negara yang ingin memajukan olahraga tersebut. Negara-negara yang pertama bergabung dalam IBF itu adalah Inggris, Prancis, Kanada, Denmark, Belanda, Selandia Baru, Irlandia, juga Scotlandia dan Wales. Kemudian di tahun 1936, India berafiliasi ke organisasi ini.

Selain versi Inggris, ada pula kisah sejarah badminton versi Amerika. Di wilayah ini tercatat ada klub badminton bernama Badminton Club of New York tahun 1878. Namun demikian, Badminton baru menjadi populer di Amerika pada tahun 1930-an. Peran para bintang Hollywood cukup besar untuk mempopulerkan badminton hingga saat ini.

sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar