Siswi SMA Malang Berhasil Merubah Air Kencing Jadi Pengganti BBM

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Kamis, 03 Mei 2012



Siswi SMAN 10 Malang, Jawa Timur ini pantas diacungi jempol. Di tengah pemberitaan miring para siswi SMA sekarang ini yang kebanyakan dicap berprilaku hedonisme dan lebih mementingkan gaya narsis, dua siswi ini berhasil menemukan cara mengolah air kencing (urine) menjadi bahan bakar pengganti energi yang sanggup menggerakan mobil.

Prestasi pelajar Indonesia yang membanggakan ini akhirnya berhasil menyabet medali emas kompetisi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO), di Tbilisi, Georgia, pada 27-29 April 2012. Kedua siswi asal SMAN 10 Malang ini adalah Nando Nofia Hari dan Nurul Inayah Ba'da Maulidya, siswa kelas XI IPA. Berkat penelitiannya itu, mereka berhasil mengalahkan 107 peserta dari seluruh dunia.

Seperti diberitakan Tribunnews, mengenai ketertarikan melakukan percobaan terhadap air kencing manusia ini, bermula rasa prihatin kedua siswi tersebut terhadap lingkungan asramanya dimana mereka tinggal selama mengeyam pendidikan di Malang.

"Saya terinspirasi dari lingkungan asrama kami yang ketika itu bau pesing," kata Nando, di sekolahnya, Kamis (3/5/2012) siang. Dari pengalamanya itu, Nando lantas berpikir bagaimana menjadikan air kencing itu agar bermanfaat. "Lalu, saya coba-coba itu, dan ternyata berhasil menggerakkan mobil," ungkap siswa asal Madiun, Jawa Timur.

IYIPO merupakan kompetisi internasional untuk penemu muda, yang bertujuan meningkatkan visi dan ambisi kreativitas para ilmuwan muda dalam bidang kimia, biologi, fisika, ilmu lingkungan, dan teknologi informasi. Tentunya prestasi Nando dan Nurul pantas untuk terus dikembangkan, sehingga nantinya bangsa Indonesia tidak lagi terlalu bergantung kepada bahan bakar minyak (BBM) yang persediaannya semakin menyusut.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar