Sejarah Musik Britpop

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Selasa, 01 Mei 2012

 
Jakarta - Dalam dunia musik terdapat berbagai macam aliran, mulai dari rock, pop, jazz, blues hingga dangdut. Nah, kali ini Main Stage detik musik akan membahas awal mula munculnya musik Britpop dan pengaruhnya pada pertumbuhan band di Indonesia.

Britpop adalah sebuah subgenre dari rock alternatif yang berasal dari Inggris Raya. Rock alternatif dari tahun 1980 dan awal 1990-an scene indie merupakan nenek moyang langsung dari gerakan Britpop. Pengaruh The Smiths cukup besar untuk sebagian besar band Britpop.

Aliran musik tersebut mencirikan kebudayaan Inggris yang lahir dari perpaduan beragam jenis musik khususnya genre seperti British Invasion, glam rock, dan punk rock. Jenis musik Britpop kebanyakan bergaya melankolis yang banyak berbicara tentang hidup dan cinta dengan lirik yang sendu dan romantis.

Britpop juga dikembangkan sebagai reaksi terhadap berbagai jenis musik dan tren budaya pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, terutama musik grunge dari Amerika Serikat. Kemunculan band-band britpop gelombang pertama seperti Blur dan Suede pun mampu menggebrak dunia musik di Amerika.

Jurnalis musik John Harris, menganggap era Britpop dimulai ketika Blur merilis single "Popscene" dan Suede dengan lagu "The Drowners" pada musim panas tahun 1992. Pada April 1993, majalah Select menampilkan vokalis Suede Brett Anderson di halaman depan dengan bendera Inggris sebagai background dengan tulisan "Yanks go home!"

Band lainnya seperti Oasis, Pulp, Supergrass, Sleeper, Radiohead dan Elastica menyusul kemudian. Band-band tersebut membawa alternative rock Inggris ke mainstream dan membentuk pondasi dari gerakan yang lebih besar dari budaya Inggris yang disebut Britannia Cool.

Untuk mempertahankan eksistensi britop, muncul Coldplay, Placebo, dan Travis. Band-band ini muncul dan kembali menyaingi band Amerika yang kembali ke jalur rock melankolis yang digawangi band seperti Blink 182, The Used, dan My Chemical Romance.

Invasi musik britpop yang menyebar juga hingga ke musik Indonesia pada pertengahan era 1990-an. Generasi pertama di antaranya Pure Saturday, Cherry Bombshell, Rumah Sakit, Planet Bumi, dan Pestol Aer.

Pengaruh Britpop tak hanya dari segi musik, banyak band indie Tanah Air yang berkembang juga meniru gaya berpakaiannya. Di Inggris sendiri, pada tahun 1990-an band-band britpop banyak menggemari pakaian cukup ketat, dan melahirkan gaya baru yang disebut indies.

Hingga kini, makin banyak band-band yang lahir dengan pengaruh aliran britpop, seperti C’mon Lennon, The Sastro, Ballads of the Cliche, hingga Nidji.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar