Irit! Polisi Jerman Cuma Muntahkan 85 Peluru Dalam Setahun

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Senin, 14 Mei 2012

 Jika di Indonesia polisi senang mengumbar senjata bersama dengan peluru mereka, berbeda halnya dengan Jerman. Pihak kepolisia di sana justru sangat irit soal urusan tembak-menembak.

Fakta itu terungkap setelah laporan harian Der Spiegel menyebut bahwa tahun 2011 lalu, polisi hanya melakukan 49 kali tembaan peringatan dan 36 kali tembakan untuk melumpuhkan pelaku kriminal. Korban yang jatuh dari aksi itu sendiri terbilang sangat kecil, yakni 6 pelaku tewas dan 15 lainnya cedera. Data tersebut didapatkan dari laporan tahunan kepolisian Jerman.

"Petugas kepolisian kita terbukti bukan preman yang diberi seragam," kata salah satu anggota Partai Kristen Demokratik Jerman (CDU), Lorenz Caffier, menanggapi hasil statistik tersebut.

Jika dibandingkan, jumlah ini jelas sangat mengejutkan. Sebagai contoh, harian AS The Atlantic Wire, menyebut jumlah 85 peluru yang digunakan biasanya setara untuk membekuk pelaku kriminal dalam sehari di sana.

Bahkan pada laporan berbau kritik lainnya, harian New York Post melansir aksi kepolisian New York (NYPD) yang dengan 'dermawan' memberondongkan 84 peluru panas untuk melumpuhkan seorang tersangka pembunuhan. Ironisnya, sang penjahat justru tetap hidup.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia ya? Yang pasti pihak kepolisian harus mencari cara yang lebih ampuh untuk menanggulangi kejahatan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar