5 Sister City-nya Kota Surabaya

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Rabu, 02 Mei 2012

Surabaya merupakan kota “terbesar” kedua di Indonesia setelah Jakarta, dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Saat ini Surabaya menjalin “persaudaraan“ dengan kota-kota lainnya di dunia. Tercatat ada 18 Sister City yang menjalin hubungan istimewa dengan Kota Surabaya. Penasaran? Uniknya.com akan menyampaikan beberapa diantaranya untuk Anda.
1. Kota Seattle, AS
Seattle adalah kota terbesar di wilayah Timur Laut Pasifik Amerika Serikat, terletak di negara bagian Washington antara Puget Sound dan Danau Washington, sekitar 180 km di sebelah selatan perbatasan Amerika Serikat-Kanada. Seattle didirikan pada tahun 1850-an dan namanya berasal dari nama Seattle, seorang pemimpin suku Amerika Asli. Kota ini mempunyai penduduk yang diperkirakan sebesar 582.174 jiwa dan populasi wilayah metropolitan yang hampir mencapai 3.919.624 juta (2006).



Kota Seattle, AS (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Seattle sering dikenal sebagai “Kota Hujan”, meski julukan resminya adalah “Kota Zamrud”. Seattle juga dikenal mempunyai reputasi akan konsumsi kopinya yang tinggi. Jaringan kedai kopi Starbucks berasal dari sini. Selain itu, perusahaan besar lainnya, misalnya Microsoft , Nordstorm, dan perusaahan pesawat Boeing juga bermarkas di Seattle Raya.Dalam dunia musik, yaitu pada awal tahun 1990, Seattle dikenal sebagai pusat musik grunge, atau yang dikenal dengan julukan Seattle Sound.
Pada tahun 1999, Seattle menjadi tuan rumah pertemuan WTO. Saat itu, kota ini sempat ditutup para demonstran anti-globalisasi. Ikon kota ini yang paling terkenal adalah menara Space Needle yang didirikan pada tahun 1962.

2. Kota Guangzhou, RRC
Guangzhou ialah kota terbesar di Cina selatan dan ibukota Provinsi Guangdong. Guangzhou merupakan kota terbesar di dunia di awal abad ke-19. Penduduknya yang berpendidikan tinggi selalu aktif dalam kegiatan politik, terlibat dalam Kebangkitan Kanton 1911 yang mengarah pada Revolusi China menentang Dinasti Manchu. Di sini Festival Musim Semi tahunan memperlihatkan koleksi bunga tak tertandingi, museum kota yang penuh, serta universitas berkembang pesat termasuk Universitas Sun Yat Sen, Perguruan Tinggi Guangzhou untuk Pengobatan Tradisional Cina dan Lembaga Teknik Mesin Guangzhou.



Kota Guangzhou, RRC (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Guangzhou terletak terutama di tepi utara Sungai Mutiara. Distrik Yueh Hsiu di lokasi tua tetap menjadi pusat perdagangan dan kedudukan pemerintahan. Seperti lalu, jalanan berliku yang dipadati manusia bisa ketemu, namun gedung pencakar langit, taman, dan jalan raya lebih mendominasi. Di antara monumen terbaik di distrik ini ialah Museum Pemerintah Kota Guangzhou, mengambil tempat di sebuah pagoda merah sejak 1380, Lembaga Gerakan Petani, terletak dekat pusat kota, dan Masjid Huai Sheng (dibangun pada 627 M) dianggap masjid tertua di Cina.

3. Kota Perth, Australia
Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Pada Juni 2006, Daerah Metropolitan Perth memiliki populasi sekitar 1.507.900, membuatnya kota terbesar keempat di Australia. Perth terletak di pantai barat di Negara Bagian Australia Barat. Kota tersebut berdiri di sekitar Sungai Swan.



Kota Perth, Australia (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Awalnya, Perth adalah ibu kota Koloni Sungai Swan yang berdiri pada 1829. Atas permintaan dari pengusaha dan petani, pada 1850 Perth menjadi tempat penampungan narapidana untuk mendapatkan tenaga kerja yang murah dimana ini adalah praktek yang lazim di masa dahulu. Nama Perth dipilih oleh James Stirling pada 1829 berdasarkan permintaan Sir George Murray, Sekretaris Koloni, yang meminta agar tempat tersebut diberi nama berdasarkan tempat kelahirannya, Perthshire. Pada 12 Agustus 1829, Helen Dance menebang sebuah pohon di tempat itu sebagai tanda berdirinya kota tersebut.

4. Kota Alexandria, Mesir
Iskandariyah atau Alexandria adalah pelabuhan utama di Mesir, dan kota terbesar kedua di negara tersebut, dan juga ibu kota pemerintahan Al Iskandariyah yang terletak di pantai Laut Tengah. Kota ini terletak pada 208 km di sebelah barat laut Kairo. Ia memiliki populasi 3.341.000.



Kota Alexandria, Mesir (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Dinamakan atas pendirinya, Iskandar yang Agung, dan merupakan tempat penguasa Ptolemaik Mesir yang dengan cepat menjadi kota termegah dari dunia Hellenistik; menjadi nomor dua setelah Roma dalam luas dan kekayaan. Tetapi, setelah pendirian Kairo oleh penguasa Islam Mesir pada zaman pertengahan statusnya sebagai ibu kota negara berakhir, dan mengalami kemunduran, yang pada akhir periode Ottoman berkurang menjadi desa perikanan kecil.

5. Kota Den Haag, Belanda
Den Haag adalah sebuah gemeente, kota pemerintahan Belanda dan tempat parlemen, serta ibu kota provinsi Zuid-Holland (Holland Selatan). Di kota ini didapati pula kedutaan besar negara-negara asing. Meskipun demikian, Den Haag bukan ibu kota Belanda; ibu kota Belanda adalah Amsterdam. Kota Den Haag memiliki penduduk sebanyak 474.291 jiwa (1 Desember 2005). Nama lain Den Haag adalah ’s-Gravenhage. Kota Den Haag sudah ada sejak tahun 1248, tetapi baru mendapat hak kota pada tahun 1806. Hal ini menyebabkan Den Haag tidak memiliki sebuah universitas.(**)



Kota Den Haag, Belanda (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Sumber: wikipedia.org, uniknya.com,

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar