Persiapan Ibu Hamil

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Minggu, 08 April 2012

Kesehatan Ibu Hamil - Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya.Setiap bulan, hormon dari kelenjar pituitary merangsang ovarium untuk melepaskan telur atau berovulasi. Hal ini sering terjadi sekitar hari ke-14 dari siklus menstruasi meskipun waktu yang tepat dapat bervariasi pada wanita dari bulan ke bulan.

Sekali telur dilepaskan, sel telur tersebut berjalan dalam tuba falopi. Jika anda ingin hamil, sekarang saatnya. Sel telur tersebut sekitar 24 jam untuk bersatu dengan sperma. Sel-sel sperma dapat bertahan dalam saluran reproduksi selama 2-3 hari sehingga baik untuk melakukan hubungan seksual selama hari-hari berikut sampai ovulasi.

Jika sel telur dibuahi, sel telur berjalan sampai ke rahim 2 sampai 4 hari kemudian. Kemudian akan menempel dalam jalan rahim. Jika anda hamil, periode menstruasi anda akan berhenti saat tubuh anda mulai untuk mendukung embrio. Namun, jika telur tidak dibuahi, sel-sel telur akan hancur dan anda akan mendapatkan periode menstruasi.

Beberapa Tips untuk Hamil

1. Perikasa ke Dokter
Periksakan diri ke dokter Sp.OG apakah istri anda sehat organ kandungannya. Setelah istri dinyatakan sehat, suami juga perlu periksa ke dokter apakah ada kelainan pada sperma misalkan sperma lemah dan sebagainya.

2. Pilih waktu terbaik untuk konsepsi
Penting untuk mengetahui kapan saat terbaik untuk terjadinya pembuahan pada seorang wanita. Waktu terbaik untuk konsepsi atau pembuahan adalah saat masa subur atau ovulasi dari seorang wanita.
Yang perlu diperhatikan bahwa telur yang matang hanya hidup 24 jam sedangkan sperma hidup 48-72 jam dalam tubuh wanita. Oleh karenanya, melakukan hubungan seks sebelum saat ovulasi lebih baik untuk meningkatkan kehamilan daripada sehari atau dua hari sesudahnya.

3. Frekuensi hubungan seksual
Frekuensi atau seberapa sering untuk melakukan hubungan seksual, ini semua tergantung dari setiap pasangan. Tidak ada angka khusus yang dapat memastikan berapa kali seseorang harus melakukan seks untuk dapat hamil. Ada wanita yang hamil hanya dengan satu kali saja tapi yang lain memerlukan waktu yang lebih lama. Yang terpenting "seberapa sering" anda melakukan hubungan seksual pada " waktu yang terbaik untuk konsepsi".

4. Nikmati proses hubungan seksual anda
Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang wantia mencapai orgasme, akan membentuk suasana alkaline (basa) pada vagina yang mana sperma sukai dariapda kondisi normal vagina (suasana asam). Jika anda mencapai orgasme pada saat yang bersamaan atau sesaat sesudah pasangan anda ejakulasi maka kesempatan sperma untuk selamat sampai di servik lebih meningkat.

5. Posisi hubungan seksual
Posisi seks yang dianjurkan untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan adalah pria diatas (man on top).

6. Relaks
Cobalah untuk tetap rileks dalam menghadapi hal ini bersama pasangan karena Stress hanya akan mempersulit terjadinya konsepsi.

7. Jaga kesehatan anda
Menjaga kesehatan adalah hal dasar yang penting. Pastikan tubuh anda cukup nutrisi. Ingat bahwa wanita yang sehat akan lebih mudah hamil daripada yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau kurang.


Persiapan Kehamilan
Selanjutnya adalah bagaimana mempersiapkan kehamilan, apa aja yang perlu diperhatikan untuk kehamilan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Berat badan ideal
Pastikan berat badan Anda sudah ideal, untuk mengukurnya gunakan indeks masa tubuh dengan rumusan berat badan dalam kilogram dibagi kuadrat dari tinggi badan dalam meter. Disebut ideal jika angkanya antara 20-25. Tubuh yang terlalu kurus akan berpengaruh pada produksi sel telur setiap bulannya. Sementara lemak yang berlebihan karena kegemukan juga sama tak baiknya karena bisa mengganggu kehamilan dan janin.

2. Cek kesehatan
Gangguan tiroid, anemia, kekurangan zat besi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan infeksi vagina, adalah sederet penyakit yang bisa mengganggu kehamilan. Periksakan kesehatan Anda untuk memastikan tubuh Anda dan pasangan sehat.

3. Pengaruh obat
Beberapa jenis obat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan hal ini dengan dokter.

4. Mulai minum vitamin
Beberapa jenis suplemen yang berguna mendukung kesehatan janin di antaranya asam folat, suplemen zat besi untuk meningkatkan kadar mineral penting dalam tubuh, serta asam lemak omega-3.

5. Stop bad habits
Hentikan semua kebiasaan buruk Anda; merokok, minuman beralkohol, dan kafein. Rokok menyebabkan bayi lahir dengan berat kurang, selain tentu juga merusak paru-paru. Nekat minum alkohol bisa menyebabkan gangguan tumbuh kembang janin, sedangkan kafein bisa meningkatkan risiko keguguran.

6. Mulai olahraga
Mulailah melakukan olahraga sejak sekarang karena selama hamil 9 bulan tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menjamin kesejahteraan janin di kandungan.

7. Nutrisi untuk Persiapan Kehamilan
Makanan sehat tak hanya baik untuk mempersiapkan kehamilan, namun juga sesudahnya. Fungsinya adalah agar terhindar dari masalah di saat hamil, memiliki bayi yang sehat serta memperlancar ASI (Air Susu Ibu).
a. Makan yang belum disuling seperti nasi, roti, sereal dan krispi biji-bijian, ataupun whole wheat pasta sangat bagus dijadikan pilihan.

b. Pilihlah makanan segar seperti susu dan sayuran, baik yang masih mentah ataupun yang telah dimasak untuk dikonsumsi setiap hari. Sebisa mungkin hindari makanan kaleng.

c. Telur sebagai sumber protein serta mengandung bermacam gizi.

d. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat bergizi. Kacang polong yang kering atau beku lebih baik daripada kacang kalengan.

e. Usahakan mengkonsumsi ikan segar sekali seminggu tanpa membatasi jenisnya

f. Jangan terlalu manyantap satu jenis daging yang sama, karena kandungan gizi daging yang murah, termasuk jerohan, sama dengan yang mahal.

g. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Santaplah sebagai lalap mentah dan bila mungkin tanpa perlu dikupas. Karena umumnya vitamin dan mineralnya tersimpan tepat dibalik kulit. Jika ingin memasak, lebih baik dikukus daripada direbus agart zat gizi yang terkandung tidak larut.
Dioalah dari berbagai sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar