Mengenal Potensi Anak Sejak Dini

Diposkan oleh Cerita Dewasa on Sabtu, 07 April 2012

Kesehatan Anak - Semua orang tua pasti menginginkan anaknya kelak menjadi seseorang yang baik dan sukses dalam kariernya.Namun medidik anak bisa menjad sekses tidak semudah seperti memasak mie instan. Anak membutuhkan proses bimbingan, waktu dan prestasi.

Untuk itu orang tua wajib mengenali apa sebenarnya bakat dan potensi didalam diri anak sejak dini. Apabila potensi itu mampu dikenali sejak awal,berbagai kebutuhan untuk menunjangnya dapat disiapkan mengenali potensi anak sejak dinioleh orang tua. Selain itu, yang terpenting orang tua harus memahami dan mengerti potensi seorang anak. Cara untuk mengenali potensi anak adalah dengan mengamati bakat dari keluarga besar, seperti kata pepatah ”buah tidak akan jatuh dari pohonnya’ misalnya,sang ayah mempunyai hobi menggambar bisa jadi sang anak juga mahir mengambar.

Bukan hanya melihat dari diri sendiri anda sebagai orang tua, telusuri juga generasi sebelum anda jadi jangan heran apabila sang anak memiliki hobi atau bakat yang berbeda jauh dengan orang tuanya.

Misalnya menyanyi, padahal kedua orang tuanya tidak mahir menyanyi. Bisa saja bakat tersebut turun dari kakek atau buyutnya sekalipun. Setelah mengetahui bakat dan potensi sang anak, segera berikan atensi dengan cara memberikan sarana, prasarana, memberikan kursus atau les yang mendukung hobinya, serta mengikutkan lomba dan sebagainya. Dengan memberikan suasana yang mendukung bakatnya sang anak akan terus terasah kemampuan bakatnya.

Jangan lupa pemberian gizi yang cukup dan sesuai agar mampu mendukung kecerdasanya.
Jangan mencoba memaksakan les atau kursus yang bukan menjadi minat sang anak. Bisa jadi hal tersebut malah mematikan potensi sang anak karena terlalu sibuk dengan les atau kursus yang anda berikan. Penggalian potensi harus sejalan dengan minat anak, Jika sang anak senang dengan kegiatannya diharapkan kecerdasan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar